Apa Itu Gaya ??? Dan Apa Itu Resultan Gaya ??

Apa Itu Gaya Dan Resultan Gaya
  


Pengertian Gaya
Gaya adalah suatu tarikan atau dorongan yang dikerahkan sebuah benda terhadap benda lain. Gaya merupakan kekuatan yg dapat membuat benda dalam keadaan diam menjadi bergerak. Gaya biasa dilambangkan sebagai besaran yang mempunyai arah dan digambarkan dalam ilmu fisika seperti vector. Satuan untuk gaya ialah (Newton, Kg , Ton ).
newt1

Gaya Sentuh dan Gaya Tak Sentuh
Gaya otot pada saat kamu mendorong meja dan gaya pegas pada saat kamu melontarkan batu dengan ketapel termasuk gaya sentuh. Disebut gaya sentuh karena sebuah benda yang memberikan gaya harus menyentuh benda lain yang dikenai gaya tersebut. 

Akibat Gaya terhadap Benda
Gaya dapat mengubah kecepatan benda. Bayangkan pula plastisin yang ditekan. Pada saat menekan plastisin, tangan itu memberikan gaya kepada plastisin itu. Bagaimana bentuk plastisin setelah ditekan? Ternyata gaya juga dapat menyebabkan bentuk benda berubah. 

Pengertian Resultan Gaya
Apabila ada 2 buah gaya atau lebih bekerja pada sebuah benda maka dapat dilakukan penggabungan gaya-gaya tersebut yang disebut Resultan Gaya (R). Satuan untuk gaya ialah (Newton, Kg,Ton). 
https://egigiandaragie.files.wordpress.com/2014/01/resultan.jpg
F1           = Gaya 1
F2           = Gaya 2
FR           = Resultan Gaya





Thanks for Reading

Referensi
http://modulfisika.blogspot.co.id/2010/04/kelas-viii-gaya-dan-resultan-gaya.html
 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mekanisme Pernapasan Manusia

Faringitis

Mind Map " Gerak Tubuh Makhluk Hidup"